√ Waspada! Pahami Apa Saja Faktor Seseorang Beresiko Terkena Diabetes

Advertisemen
Faktor seseorang beresiko terkena diabetes – Diabetes memang dapat menyerang siapa saja. Penyakit mematikan yang satu ini tak hanya menyerang orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes karena sebenarnya hampir setiap orang punya potensi terserang penyakit diabetes. Utamanya mereka yang tidak memiliki pola hidup yang sehat dan teratur setiap harinya.
Ada beberapa faktor seseorang beresiko terkena diabetes. Mau tahu kira – kira apa saja faktor seseorang beresiko terkena diabetes? Berikut ini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda tentang faktor seseorang beresiko terkena diabetes. Pahami dan segera cari solusinya jika memang Anda salah satu orang yang beresiko terkena penyakit mematikan yang satu ini.

Faktor Seseorang Beresiko Terkena Diabetes

Obesitas atau kelebihan berat badan

Diabetes dan obesitas memang ada kaitannya yang sangat erat. Dari sebuah penelitian kurang lebih sekitar 85% penderita penyakit diabetes berasal dari kalangan seseorang yang mengalami kelebihan berat badan. Mengapa demikian? Hal ini karena kadar kolesterol yang berlebih didalam tubuh yang kemudian berubah menjadi kolesterol jahat dapat merusak sel pankreas yang berkontribusi dalam memproduksi insulin.

Genetika atau riwayat keluarga

Apakah benar jika orang tua memiliki diabetes dan akan diturunkan kepada anaknya? Dan ternyata memang mereka yang memiliki riwayat keluarga diabetes akan memiliki resiko penyakit diabetes yang sama. Bahkan soal etnis juga dapat menjadi salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit diabetes.

Makanan yang mengandung banyak lemak dan gula

Pola makan yang tidak sehat memang dapat menjadi penyebabnya. Pola makan yang tidak sehat juga merupakan sebuah faktor utama yang menjadi penyebab seseorang terkena diabetes. Terlebih jika ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi akan lemak serta gula juga dapat memicu kenaikan berat badan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan resistensi insulin sehingga memperbesar resiko terkena diabetes.

Kurangnya aktivitas fisik

Seseorang yang mengalami kondisi kegemukan akibat kurangnya aktivitas fisik memang dapat memicu terjadinya resiko penyakit diabetes juga. Dan sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur minimal setidaknya 30 menit setiap hari untuk mengurangi resiko kegemukan yang memicu terjadinya kondisi diabetes ini.

Kondisi tertentu pada wanita

Wanita yang memang memiliki sindrom ovarium polikistik memang lebih mungkin terkena penyakit diabetes daripada wanita pada kondisi normalnya. Dan sindrom ovarium polikistik juga dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus menstruasi pada wanita tertentu, dan sindrom ini menyebabkan kadar gula darah menjadi tidak stabil. Bahkan wanita yang pernah melahirkan bayi dengan kategori gemuk 4 kg lebih juga diketahui beresiko mengembangkan penyakit diabetes nantinya.
Itulah beberapa faktor seseorang beresiko terkena diabetes yang Anda harus tahu. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments