√ Makanan Terbaik Bagi Penderita Diabetes, Wajib Dikonsumsi!

Advertisemen
Makanan terbaik bagi penderita diabetes – Penyakit diabetes memang bisa terjadi karena genetika atau keturunan. Dan penyakit diabetes juga bisa terjadi karena pola hidup yang kurang sehat. Bahkan ketidakmampuan insulin untuk menjaga kadar gula darah menjadi salah satu pemicu penyakit yang satu ini. Karena itu dalam rangka mencegah timbulnya penyakit ini dalam tubuh kita, kita perlu senantiasa mengonsumsi berbagai makanan terbaik bagi penderita diabetes.
Lantas kira – kira apa saja makanan terbaik bagi penderita diabetes yang Anda perlu tahu? Disini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda beberapa makanan terbaik bagi penderita diabetes yang Anda wajib pahami. Yuk cek informasi lengkapnya dibawah ini dan konsumsi secara rutin untuk mencegah diabetes dan menghindari resiko diabetes pada diri Anda.

Makanan Terbaik Bagi Penderita Diabetes

Cokelat hitam

Didalam cokelat memang kaya akan kandungan flavonoid. Dan kandungan flavonoid yang tinggi akan dapat membantu Anda dalam meningkatkan sensitivitas insulin bahkan kandungan ini dapat mengurangi resistensi insulin dan membantu mempercepat pengolahan glukosa didalam darah. Kemudian cokelat hitam juga sangat baik karena dapat mengurangi keinginan penderita diabetes untuk makan dalam jumlah berlebih. Mengonsumsi cokelat hitam di waktu pagi dan menjelang sore akan sangat disarankan.

Mengonsumsi brokoli

Studi yang dilakukan oleh Warwick University memang dilaporkan bahwa didalam brokoli terdapat kandungan senyawa sulforaphane yang akan mampu dalam memperbaiki serta melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat penyakit diabetes. Kandungan sulforaphane sendiri juga dapat membantu memicu proses anti inflamasi, mengontrol kadar glukosa didalam darah, serta dapat membantu meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami didalam tubuh juga dapat membantu meningkatkan produksi enzim yang mengendalikan senyawa kimia berbahaya yang menyebabkan kanker. Didalam brokoli juga terdapat kandungan chromium yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin didalam tubuh.

Blueberry

Didalam blueberry memang terdapat kandungan serat tak larut yang dapat menghilangkan lemak didalam tubuh. Didalam sebuah penelitian yang dilakukan di USDA juga telah menunjukkan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi 2 ½ gelas jus blueberry liar setiap hari selama 12 minggu akan dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Ikan

Ikan tidak hanya kaya akan kandungan protein saja karena didalam ikan juga terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu meredakan peradangan. Banyak penelitian yang dilakukan juga menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kadar asam lemak omega 3 tertinggi didalam darahnya akan mengalami masalah inflamasi yang rendah. Dan masalah inflamasi didalam tingkat yang parah nantinya dapat memperburuk diabetes dan menjadi penyebab masalah berat badan di tubuh penderita.

Sekam psyllium

Psyllium ini merupakan suatu tumbuh – tumbuhan kaya serat yang berasal dari India. Dan kulit ari atau sekamnya yang mengandung serat larut air sering juga digunakan untuk mengatasi masalah sembelit serta menurunkan berat badan. Namun tak hanya itu karena sekam psyllium ini juga dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah pada penderita penyakit diabetes.
Itulah sedikit informasinya untuk Anda tentang makanan terbaik bagi penderita diabetes. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Jaga selalu kesehatan Anda setiap saat.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments